Monday, June 25, 2007

Pasien yang mau menjadi manusia

suatu waktu ada pasien datang kerumah...pak..pak..saya mau konsultasi dan diskusi dengan bapak...ane jawab; sok mangga kalebet kang...(maksudnya; silakan masuk pak)

pasien; gini pak saya ini dulu suka berantem, mabuk-mabukan, main cewek dan masih banyak lagi kelakukan saya didunia ini yang jelek. bagaimana pak, apa bisa?

ane; bisa aja, tapi ente bener mau taubat atas semua itu...?
pasien; iya pak...gimana caranya...?
ane; sekarang pulang, nanti malam solat taubat nasuha, 2 rokaat (ane sambil memperagakan dan mengajari cara-cara sholatnya)..nah setelah solat selesai, silakan ente tobat kepada allah dengan menangis atas dosa-dosa yang pernah ente lakukan....ingat tangisan diwaktu solat taubat nasuha itu kelak akan menjadi saksi diakhirat. jadi jangan main-main ya...

pasien; iya pak saya ijin pulang dulu....

seminggu kemudian pasien tersebut datang lagi kerumah, dan menceritakan pengalamannya ke saya dengan panjang lebar.

ane; gimana udah enak kan?
pasien; sekarang hati saya merasa plong, dan ringan. bagaimana pak selanjutnya? saya ini ingin menjadi orang yang sabar, menjadi orang yang tidak pendendam, ingin menjadi orang yang jujur.

ane; he he...iya iya...tapi saya mau tanya dulu nih sama ente...ente bilang mau jadi orang baik, lalu gimana jika ada orang lain yang tidak baik sama ente...
ente bilang mau menjadi orang sabar, trus bagaimana jika ada orang yang tidak sabar ke ente...
ente bilang mau menjadi orang yang tidak pendendam, trus bagaimana jika ada orang yang pendendam ke ente....
ente bilang mau jadi orang yang jujur, trus bagaimana jika ada orang yang berlaku tidak jujur ke ente..?

pasien; iya ya pak...masak saya menjadi teraniaya banget...lantas bagaimana dong pak...?
ane; makanya ente hidup didunia ini jangan jadi Setan dan jangan jadi Malaikat dong...ente mesti jadi seorang Manusia..!

pasien; lah..saya kan memang manusia pak? bapak ini bagaimana...?
ane; siapa bilang? he he ....pernah gak denger orang bilang gini "dasar gila itu orang, kelakuannya udah kayak setan, bahkan iblis...masak murid ngajinya sendiri diperkosa hingga hamil..." dia bilang kelakuannya kayak setan, atau iblis...yang saya tanyakan "bukankah dia itu juga manusia..?" he he....sama kayak ente tadi bilang ke saya, "lah pak saya inikan memang manusia...bapak ini bagaimana?"

pasien; jadi bingung pak ...jadi saya mesti gimana?
ane; dah sono pikirin dulu....renungkan omongan saya, ingat: ente mesti jadi manusia, bukan jadi setan dan bukan jadi malaikat selama ente hidup didunia ini ya....sono pulang ...cari tahu apa maksudnya...ntar kalo udah tahu datang lagi kesini....

pasien; iya pak...saya cari dulu maknanya...mungkin ini awal perjalanan spiritual saya...oke pak saya akan jalani hidup ini sebagai manusia...nuhun pak...assalamualaikum
ane; wa alaikum salam...oke selamat menjalani hidup sebagai manusia ya....

No comments: