Thursday, June 21, 2007

Kebenaran yang relatif.....

sungguh mengherankan jika ada orang yang berani mengklaim dirinya benar...maksudnya dalam beribadah dialah yang merasa benar sedang orang lain itu salah...he he jangan salah ada orang yang kayak gitu fahamnya.

ada yang bertanya; ah masak pak ada yang kayak gitu...sampai menyalahkan orang dan merasa dirinya itu benar..?

saya jawab aja; kalo tidak ada, ngapain pake ada yang menuduh dia itu sesat dan menyesatkan dan ada yang menuduhnya musyrik. memangnya dia faham benar atas suatu kebenaran? dia itu bisa faham atas kebenaran juga baca dari buku...atau literatur. memangnya islam cukup hanya dibaca dari suatu literatur saja? coba sok ente pikirkan...

bahwasanya kebenaran itu relatif dan mutlak hanya disisi Allah. Allahlah kelak yang akan menjadi Hakim yang paling adil dan seadil adilnya. yang tidak lagi diragukan kebenarannya.

gini contohnya biar lebih mudah; coba ente sekali-kali ikut sidang pengadilan, hakim itu bener tidak, maksudnya apa dia sudah berlaku adil? jawab saja pake hati nurani anda...

mungkin pak hakim akan bilang ; saya sudah berlaku adil...si terdakwa bilang; saya diperlakukan tidak adil.... he he kok tidak nyambung jadinya....?

yang satu bilang adil dan yang satu lagi bilang tidak adil? kumaha iye ?
itulah yang disebut bahwa keadilan didunia ini relatif, benar menurut pak hakim belum tentu benar menurut terdakwa.

jika ente menuduh orang lain dengan sebutan sirik, tentunya ente sudah mempunyai faham yang ente anggap benar, dan tentunya pula orang yang dituduh sirik sama ente juga demikian kan? jangan lantas menuduh tanpa alasan yang kuat sehingga menjadikan saudara anda yang muslim itu menjadi hina hargadirinya dihadapan orang lain.

berTabayyunlah secara baik-baik, diskusikan dengan baik baik, jika memang orang yang anda tuduh sirik itu benar-benar melakukan hal itu.

ingat coy...kebenaran itu relatif. Allahlah yang memiliki kebenaran Mutlak.

No comments: