Monday, May 28, 2007

Bedain dong antara Agama dan Budaya....

sekarang ini banyak yang salah kaprah dalam mensikapi suatu tradisi yang ada di masyarakat. tradisi itu tidak lain adalah budaya. dan jangan campur adukan antara budaya dengan agama. hingga ujung-ujungnya berakhir dengan kata bid'ah...tidak sesuai dengan agama...dulu rasuulullah SAW tidak pernah mengajarkan hal itu, jadi jangan dilakukan....dan banyak lagi komentar-komentar bodoh yang dikeluarkan oleh orang yang tidak bisa membedakan mana itu agama dan mana itu budaya.

dan seringnya orang yang mengaku dirinya sucilah...atau bener, dia akan mengklaim kita harus mengikuti apa-apa yang dilakukan rasuulullah SAW. okelah ane setuju dengan itu, namun yang menjadi pertanyaan ane sebagai anak kampung ini; apakah yang ngecoblak (baca; ngomong/bicara) itu konsisten dengan apa-apa yang dilakukan oleh rasuulullah? misalnya saja makan harus pake tiga jari, minum 3 teguk, rasuulullah kalo mau shalat selalu membiasakan mandi dulu, jadi kalo shalat ada 5 waktu paling tidak 5 kali beliau itu mandi...lah kita..? sehari 3 kali doang...dan belum lagi yang lain... alasannya mereka para kaum yang merasa dirinya benar biasanya akan bilang; itukan rasuulullah...kita kan bukan....itu yang akan mereka sampaikan untuk menutupi kesalahannya. tapi dengan mudahnya mereka kadang kala menuduh orang itu tidak mengikuti sunah rasul.

tolong bedakan mana agama dan budaya, indonesia dengan keanekaragamannya memiliki budaya tersendiri dan begitu juga dengan di arab, mereka di arab memiliki budaya sendiri juga. jangan lantas karena rasuulullah SAW orang arab lalu budaya indonesia harus ikut budaya arab, dan itulah yang sekarang terjadi di indonesia. seolah-olah budaya indonesia sedang diarabkan.
kita ambil contoh; misalnya musik dangdut yang notabene katanya dari indonesia. banyak orang sentimen dengan dangdut yang katanya kampungan, norak, jorok dll. eh digantilah dengan musik arab seperti ada nasyid, marawis dll

pembaca blog bisa menilai lah dengan kemampuan intelektual ente yang tidak dilandasi oleh rasa kedengkian,iri dan merasa benar sendiri...apa iya itu telah terjadi..?

coba ane yang orang kampung ini mau tanya ke ente; poligami itu budaya atau ajaran??
punya istri lebih dari satu itu termasuk budaya atau ajaran?
silakan ente berfikir dengan tidak dilandasi oleh rasa dengki dan iri. jujurlah pada diri anda sendiri karena hati itu tidak akan pernah berdusta.

No comments: